Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Bulan Ramadan

Ramadhan aceh

Kali ini Accehku akan membagikan 2 contoh percakapan singkat yang mungkin terjadi saat bulan puasa. Langsung saja simak kedua contoh percakapah bahasa aceh tersebut.

Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Bulan Ramadan


A : H‘an tathèë ka puasa lom
      Ga sadar udah puasa lagi

B : Nyo. Bagah that jijak watèë. H‘an tathèë ka tuha.
     Ya. Cepat sekali waktu berjalan. Tanpa kita sadari kita sudah tua.

A : H‘an tathèë duwa uroë teuk ka talôp lam kubu. E Potallah..
      Tanpa kita sadari ga lama lagi kita pun akan masuk kubur. Allahu rabbi

B : Na neuwoë gampông puasa nyoë?
      Ga pulang kampung puasa kali ini?

A : Eunteuk lhee blah puasa lônwoë. Droëneuh?
      Nanti puasa ke -13 saya pulang.  Anda?

B : Lôn cit sinoë gampông, kiban tawoë. Hehe..
      Saya emang di sini kampungnya, gimana mau pulang. Hehe..

C : Lôn h‘an jeuët lônwoë, kuliyah peunoh jadwal
      Saya ga bisa pulang, jadwal kuliah penuh


Contoh lain...

A : Na sahô uroë nyoë ?
      Ada sahur hari ini?

B ; Na / Hana
     Ada / Tidak

A : Peuë eungkôt sahô bunoë?
      Lauk apa sahur tadi?

B : Eungkôt teucrôh ngön gulè ië
      Ikan goreng dengan sayur bening

A : Na neujép susu?
      Kamu minum susu?

B : Hana. H‘an löt/ék lôn. Ië tè lônjép.
      Ga. Ga suka saya. Saya minum teh.

A : Pat tabuka puasa uroë nyoë?
      Di mana kita berbuka puasa hari ini?

B : Hôm. Na saran?
      Entah. Punya saran?

A : Tapajôh sië kamèng tém bak keudè bu Anas tém?
      Kita makan daging kambing di warung Anas mau ga?

B : Jeuët. Soë-soë mantöng tém jak?
      Boleh. Siapa aja yang mau ikut?

A : Lôn, droën, Putra, Heri, Kamal, Ari, Arasyi. Tujôh droë ban dum.
      Saya, kamu, Putra, Heri, Kamal, Ari, Arasyi. Tujuh orang semuanya.

B : Ka bèrèh. Bah lôn bri thèë awak nyan man dum.
     OK. Biar saya yang beri tahu mereka semua.

A : Soë peusan teumpat?
      Siapa yang pesan tempat?

A : Bah lôn mantöng.
      Biar saya saja.

B : Ka göt.
      Baik.

A : Tajak sajan atawa tameusaho langsông sidéh?
      Kita pergi bersama atau jumpa langsung di sana?

B : Tameusaho sidéh mantöng.
      Kita kumpul di sana saja.

A : Peuë poh / Poh padum ?
      Jam berapa?

B : Poh siteungöh tujôh beu ka trôk beh
      Jam setengah tujuh udah sampai ya.

A : Ka gèt.
      OK.

Di Tempat Berbuka

A : Nyoë ka trôk ban dum. Peuë tapeusan?
      Semua sudah sampai. Kita pesan apa?

B : Lôn ië boh timon / ië boh peuték
      Saya pesan timun kerok / pepaya kerok.

A : Lôn ië u / ië teubèë.
      Saya air kelapa / air tebu.

B : Lôn peusan kanji rumbi*) saboh.
      Saya pesan kanji rumbi sepiring.

A : Boh rôm-rôm bèk tuwoë nyan
      Klepon jangan lupa tuh.

Penutup

Itulah tadi Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Bulan Ramadan, walaupun bulan ramadhan masih lama saat artikel ini diposting.
Akhir kata semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua

Lancarkan Bahasa Aceh Kamu Dengan Langganan Melalui Email:

1 Response to "Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Bulan Ramadan"

  1. Assalamualikum,

    Saya orang Malaysia yang ingin belajar Bahasa Aceh. Ada tak tutor untuk mengajar bahasa ini ?

    ReplyDelete