Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Perkenalan (1)

Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Perkenalan (1)


Dengan mengetahui Contoh Percakapan dalam Bahasa Aceh berikut artinya tentunya diharapkan dapat mengasah dan menambah pengetahuan kita tentang Bahasa Aceh itu sendiri.

Jangan hanya dibaca saja, namun alangkah lebih baik bila contoh percakapan ini dipraktekan agar kita dapat merasakan dan membiasakan diri kita dan tentunya memperlancar lidah kita dalam penyebutan Bahasa Aceh Itu sendiri

Langsung saja perhatikan contoh berikut !

Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Perkenalan (1)

A : Assalaamu ’alaykum.
B : Wa ‘alaykum salaam.

A : Nan droëneuh soë? (Nama Anda siapa?)
B : Nan lôn Mahendra. Nan droëneuh? (Nama saya Mahendra. Nama Anda?)
A : Nan lôn Alvanof. ( Nama saya Alvanof.)

B : Pat neuduëk? / Pat tinggay? ( Di mana Anda tinggal? )
A : Lôn lônduëk di gampông Blang Pulo. Droëneuh? ( Saya tinggal di kampung Blang Pulo. Anda? )
B : Lôn di Batu Phat. (Saya di Batu Phat. )

A : Di Batu Phat? Toë lagoë! Patjih di Batu Phat? Lôn na syèëdara di Batu Phat, kayém lônjak-jak. ( Di Batu Phat? Dekat rupanya! Di mananya di Batu Phat? Saya ada saudara di Batu Phat, sering saya berkunjung. )
B : Lôn bak jalan Mawar. Syèëdara Droëneuh bak jalan peuë? (Saya di jalan Mawar. Saudara kamu di jalan apa? )
A : Syèëdara lôn bak jalan Melati. (Saudara saya di jalan Melati. )

B : Gampông-neuh pat? ( Kampung kamu di mana? )
A : Lôn gampông di Trumon. Droëneuh pat? ( Kampung saya di Trumon. Kamu di mana? )
B : O man, jeu’ôh that lagoë! Lôn gampông di Langkat. ( Wow, jauh sekali! Kampung saya di Langkat)

A : Langkat jeu’ôh cit. Saban tanyoë. ( Langkat jauh juga. Sama kita.)
B : Jeu’ôh Langkat ngön jeu’ôh Trumon hana saban. Blah timu mudah bak tajak. Blah barat seulatan hèk-teuh bak tajak. ( Jauhnya Langkat dengan jauhnya Trumon tidak sama. Sebelah timur mudah kita bepergian. Sebelah barat selatan susah kalau kita bepergian. )

A : Padum umu droën? ( Berapa umur kamu? )
B : Umu lôn 19 thôn. Droën padum? ( Umur saya 19 tahun. Kamu berapa? )
A : Saban cit lagèë droën.( Sama juga seperti kamu. )

A : Pat kuliyah? ( Di mana kuliah? )
B : Lôn kuliyah bak T.Informatika Unimal . Droën pat? ( Saya kuliah di T.Informatika Unimal. Kamu di mana? )
A : Lôn hana kuliyah. ( Saya tidak kuliah. )

B : Hay, lôn nyoë na kuliyah si’at teuk. Lôn jak lèë beh.( Eh, saya ini ada kuliah sebentar lagi. Saya pergi dulu ya.)
A : Ka göt/gèt. ( Baik. )

B : Eunteuk jan la’én tapeugah haba lom. O nyo, padum lumbôy hp droën? ( Nanti lain kali kita ngomong-ngomong lagi. Oh ya, berapa nomor hp kamu? )
A: Hp lôn 0123456789. Droën padum? ( Hp saya 0123456789. Kamu berapa? )
B : 9876543210. Ci neu-miskol. ( 987654321. Coba kamu miskol (missed call). )

A : Ka bèrèh. Ka beh. Assalamu’alaykum. ( Sudah beres. Sudah ya. Assalamu’alaykum )
B : Wa’alaykum salam.


Penutup 
Itulah sedikit contoh percakapan dalam Bahasa Aceh yang mana bila kita pelajari bersama tentunya dapat sedikit banyaknya menambah dan mengasah kemampuan kita dalam berbahasa Aceh itu sendiri. Semoga Bermanfaat.
Assalamualaikum Wr.Wb

Lancarkan Bahasa Aceh Kamu Dengan Langganan Melalui Email:

1 Response to "Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Perkenalan (1)"