Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Perkenalan (2)

Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Perkenalan (2)


Sebenarnya hampir sama dengan Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Perkenalan (1). Yang jadi pembeda hanyalah bahwa pembicara berasal dari luar Pulau Sumatra, Tepatnya di Pulau jawa.

Langsung saja berikut adalah Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Perkenalan (2).

A  : Assalaamu ’alaykum.
B : Wa ‘alaykum salaam.

A : Nan droëneuh soë? (Nama Anda siapa?)
B : Nan lôn Agam. Nan droëneuh? (Nama saya Agam. Nama Anda? )
A : Nan lôn Ahmad. (Nama saya Ahmad.)

A : Pat neuduëk? / Pat neubeudöh? / Pat tinggay? (Di mana Anda tinggal?)
B : Lôn lônduëk di Beurawé. Droëneuh? (Saya tinggal di Beurawé. Anda?)
A : Lôn di Pungè. (Saya di Pungè.)

B : Gampông-neuh pat? (Kampung kamu di mana?)
A : Lôn gampông sinoë di Banda. Droëneuh pat? (Kampung saya di Banda. Kamu di mana?)
B : Lôn gampông di Temanggung, Jawa Teungöh. (Kampung saya di Temanggung, Jawa Tengah.)

A : Teuma droëneuh asay di Jawa? Ka trép ka di Banda? (Jadi Anda berasal dari Jawa? Sudah lama di Banda?)
B : Nyo, lon asay di Jawa. Nyoë di Banda ka na meu 2 thôn. (Ya, saya berasal dari Jawa. Ini di Banda sudah sekitar 2 tahun.)

A : Pakri ék jeuët trôk u Acèh neuh? (Bagaimana Anda bisa sampai ke Aceh?)
B : Lôn trôk yôh ië beuna uroë nyan. Lôn meubuët bak BRR yôh nyan.(Saya datang sewaktu tsunami tempo hari. Saya bekerja di BRR waktu itu.)

A : O… Nyo, nyo… Peuë hana neugisa lé u Jawa? (O… Ya, ya… Apakah Anda tidak kembali lagi ke Jawa?)
B : Hahaha… Pakri roh lônjak gisa lom! Peurumoh-peurumoh meurumpok nyoë pat…(Hahaha… Gimana saya mau kembali lagi! Istri pun dapatnya di sini.)

A : O… Ka jeuët keu ureuëng Acèh nyo. Pajan neumeukawén? (O… Udah jadi orang Aceh ya. Kapan Anda kawin?)
B : Ban khöng. Buleuën limöng baroë sa. (Baru saja. Bulan lima kemarin.)

A : Pat gampông peurumoh droëneuh? (Di mana kampung istrinya?)
B : Di Nagan… (Di Nagan…)

A : Hay, bôh ka beh. Nyoë lôn na ho meung jak lom… (Eh, sudah dulu ya. Saya ada kegiatan lagi nih…)
B : Ka göt. Jan la’én tasambông lom. (Baik. Lain kali kita sambung lagi.)


Penutup
Itulah sedikit contoh tambahan tentang percakapan bahasa aceh, sekiranya dapat kita pelajari bersama dan semoga bermanfaat.

Lancarkan Bahasa Aceh Kamu Dengan Langganan Melalui Email:

0 Response to "Contoh Percakapan Bahasa Aceh dan Artinya - Perkenalan (2)"

Post a Comment