Kuliner, Jajanan & Oleh Oleh Khas Aceh - Pisang Sale


Berbicara perihal makanan tradisional  Indonesia makan tak akan ada habis-habisnya. Sebab tanah air tercinta kita ini memiliki banyak sekali makanan tradisional yang tak terhitung jumlahnya. Namun sayang, banyak jajanan tradisional tersebut yang sekarang ini tergeser dengan kedatangan makanan asing dan modern. Salah satu makanan/jajanan tradisional tersebut adalah pisang sale.

Apa itu Pisang Sale ?


Pisang Sale sendiri pasti sudah tidak asing lagi bagi anda yang sudah pernah ke Aceh ataupun mendapatkan oleh-oleh pisang sale dari keluarga atau sanak saudara yang pulang dari Aceh. 

Pisang Sale sendiri dapat kita temui di berbagai daerah di Indonesia, namun memang olahan pisang yang satu ini memang sudah menjadi semacam ciri khas Oleh-oleh dari negri serambi mekah tersebut.

Adapun terdapat 2 macam olahan pisang sale, Ada sale pisang basah yang punya rasa manis menggigit. ada pula sale pisang yang digoreng kering dengan balutan tepung. Rasanya manis dan bertekstur renyah.

Tidak semua jenis pisang dapat diolah menjadi sale. Pisang raja nangka, tanduk, dan kapas tergolong jenis pisang yang bisa diolah menjadi sale.

Sale pisang merupakan produk olahan dari buah pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Tujuan penjemuran sendiri adalah untuk mengurangi kandungan air buah pisang sehingga pisang sale akan lebih tahan lama.

Pisang sale ini bisa langsung dimakan ataupun digoreng dengan tepung terlebih dahulu. selain itu, saat ini sudah terdapat banyak kreasi dari olahan sale pisang ini, seperti penambahan rasa seperti rasa keju, coklat dll.

Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu sale pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Bila dibuat pada musim hujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungju).


Macam Cara Membuat Sale Pisang


Umumnya terdapat 3 metode yang bisa dilakukan untuk membuat camilan tradisional sale pisang ini. Masing-masing metode berikut tentunya memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing, langsung saja berikut metode-metodenya :

1.Cara tradisional dengan menggunakan asap kayu
2.Cara pengasapan dengan menggunakan asap belerang
3.Cara basah dengan menggunakan natrium bisulfit

Metode pengasapan menggunakan belerang dalam pembuatan sale pisang sendiri bermanfaat untuk membuat pisang terlihat lebih pucat sesuai dengan warna yang dikehendaki, membunuh mikroba seperti jamur dan bakteri pada pisang , dan juga mencegah perubahan warna ketika pisang disimpan nantinya.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Sale Pisang


Bagi anda yang ingin mencicipi jajanan tradisional satu ini namun tidak ada yang menjualnya, maka Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.
Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat pisang sale yang digoreng kering.
Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan sebelum membuat antara lain:
  • Pisang ambon yang sudah tua dan matang, 
  • Tepung beras
  • Tepung terigu 
  • Margarine seperlunya saja
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam sesuaikan dengan kebutuhan
  • Minyak untuk menggoreng


*untuk takaran tepung beras dan tepung terigu adalah 2:1 sedangkan untuk pisangnya, baiknya untuk 2kg pisang menggunakan 500gr tepung beras dan 250gr tepung terigu

Cara Membuat Pisang Sale

Pisang sale goreng

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang langsung saja kita mengolahnya.

Pertama-tama kupas terlebih dahulu buah pisang ambon tadi. Kemudian irislah buah pisang tersebut tipis-tipis. Usahakan jangan sampai putus ketika mengirisnya.

Selanjutnya, silahkan jemur buah pisang yang telah diiris tadi di bawah terik matahari selama kurang lebih 4-5 hari. 

lama waktu penjemuran tentunya tergantung dari ketebalan buah pisang yang Anda iris. Semakin tebal maka akan semakin lama. Juga panas matahari yang ada.
Selain itu, pastikan pula tempat penjemuran bersih dari paparan kuman ataupun debu.

Setalah penjemuran selesai dilakukan, siapkan sebuah wadah, kemudian campurkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, garam, dan margarin. Dan aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur secara merata.

Sekarang ambil pisang yang sudah di jemur kering tadi, pastikan bersih dari debu dan kotoran. Setelah itu, lumuri irisan pisang kering tadi dengan adonan yang telah dibuat dan lakukan sampai semua irisan pisang habis.

Kemudian panaskan minyak di wajan, ada baiknya Anda menggunakan minyak yang banyak. Setelah panas, masukan irisan pisang yang telah dibalut dengan tepung tadi dan goreng sampai matang. Adapun tanda bahwa sale pisang sudah matang adalah berubah warna menjadi kuning keemasan.

Pisang sale spesial buatan sendiri pun siap disajikan. Agar tidak melempem, masukan ke dalam toples kedap udara jika ingin menyimpannya dalam waktu yang lama.

*Sedikit tips untuk mengkreasikan olahan pisang sale ini bisa dengan menambahkan parutan keju ataupun coklat, pisang sale juga bisa disimpan di freezer ataupun kulkas untuk mendapatkan tekstur krispy.

Akhir kata


Itulah sedikit tentang Pisang Sale dan Olahanya, semoga artikel ini dapat berguna untuk kita semua, adapun bila terdapat kesalahan penulisan ataupun informasi, jangan sungkan untuk berkomentar
Akhir kata, Assalamualaikum Wr.Wb

Lancarkan Bahasa Aceh Kamu Dengan Langganan Melalui Email:

0 Response to "Kuliner, Jajanan & Oleh Oleh Khas Aceh - Pisang Sale"

Post a Comment